Psikologi dan pendidikan
Secara etimologis istilah psikologis berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata psyche berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu.secara harfiah sosiologi berarti ilmu jiwa atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan.namun apabila mengacu pada salah satu syarat ilmu yaitu adanya objek yang dipelajari maka tidaklah tepat mengartikan psikologi sebagai ilmu jiwa karena jual bersifat abstrak oleh karena itu yang sangat mungkin dikaji adalah manifestasi dari jiwa itu sendiri yaitu dalam wujud perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. dengan dasar ini maka psikologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Menurut whiteringrington, bahwa pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan tindakan belajar. itu artinya bahwa tindakan-tindakan belajar yang berlangsung secara terus menerus akan menghasilkan pertumbuhan pengetahuan dan perilaku sesuai dengan tindakan pembelajaran yang dilalui oleh individu sendiri melalui proses belajar mengajar.
psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan tindakan belajar. Dari dua definisi ini maka jelas fokus dari psikologi pendidikan adalah proses belajar mengajar.
disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam menguraikan penelitiannya lebih menekankan masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar.

Komentar
Posting Komentar