Jenis jenis evaluasi pembelajaran


 1. Evaluasi formatif

evaluasi formatif adalah suatu proses untuk mengumpulkan data tentang aktivitas dan efisiensi penggunaan media yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan ( Usman, 2002 : 167 ). evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan atau topik dan dimaksud untuk mengetahui sejauh manakah suatu proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana yang telah direncanakan menurut winkel yang dimaksud dengan evaluasi formatif adalah penggunaan tes tes selama proses pembelajaran yang masih berlangsung, agar siswa dan guru memperoleh informasi mengenai kemajuan yang telah dicapai. Sementara tessmer menyatakan formative evaluation is a judgement of the strengths and weakness of instruction in its developing stages, for purpose of revising the instruction to improve its effectiveness and appeal. Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengontrol sampai seberapa jauh siswa telah menguasai materi yang diajarkan pada pokok bahasan tersebut. 

2. Evaluasi sumatif 

evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan waktu yang didalamnya tercakup lebih dari satu pokok bahasan dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari satu unit ke unit berikutnya. winkel mendefinisikan evaluasi sumatif sebagai penggunaan tes tes pada akhir suatu produk pengajaran tertentu yang meliputi beberapa atas semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester makan setelah selesai pembahasan suatu bidang studi evaluasi sumatif adalah peneliti kembali apakah suatu media lainnya digunakan atau tidak dalam situasi-situasi tertentu. 

3. Evaluasi diagnostik 

evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kelebihan kelebihan dan kelemahan kelemahan yang ada pada siswa sehingga dapat diberikan perlakuan yang tepat evaluasi diagnostik dapat dilakukan dalam beberapa tahapan baik pada tahap awal selama proses maupun akhir pembelajaran. pada tahap awal dilakukan terhadap calon siswa sebagai input dalam hal ini evaluasi diagnostik dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal atau pengetahuan prasyarat yang harus dikuasai oleh siswa.

Komentar